Selasa, 02 Oktober 2018

MENGUBAH SERVER CORE GUI WINDOWS SERVER 2012

       Assalamualaikum Wr.Wb


Kali ini gua akan melanjutkan materi sebelumnya yaitu menginstall windows server 2012 , dan gua akan melanjutkan tenta
ng mengubah tampilan Server Core ke Gui. Berikut adalah alat yang akan di gunakan dan beserta langkah-langkahnya : 

   

Alat nya :

* Mesin Oracle virtual Windows server 2012


Langkah-langkahnya :



1. Setelah menginstall berhasil di tampilkan core dan kita akan mengubah tampilan GUI. Ubah terlebih dahulu posisi path ke Drive C dengan menuliskan cd/.




2. Lalu buatlah folder di Drive C dengan menuliskan  mkdir mountdir , lalu tulis kembalir dir untuk melihat isi drive c setelah itu kita akan bisa melihat file mountdir seperti gambar di bawah ini. 




3. Langkah selanjutnya adalah memformat terlebih dahulu Drive D  dengan menuliskan format d: /q , yang artinya memformat dengan cepat. 





4. Setelah memformat data D lalu kita mencari index masing - masing core dengan menulis perintah dism /get-wiminfo /wimfile:D:\sources\install.wim





5. Apabila terjadi eror seperti gambar yang di atas maka kalian harus pindah ke Drive E, penyebab terjadinya eror di drive c karena kurangnya penyimpanan cukup besar. Maka penyimpanan di pindahkan ke drive E, jika jangan lupa ketik perintah dir untuk melihat drive E.





6. Untuk melanjutkan menginstall Core ke Gui, tuliskan di drive Dism /mount-wim /WimFile E:\sources\install.wim /Index:2 /MountDir:C\mountdir /readonly.






7. Setelah klik enter akan muncul tampilan proses deploy image , tunggu beberapa menit sampai selesai dengan status completed 100 %.




8. Setelah proses deploy selesai, ubahlah drive E menjadi ke drive C.




9. Selanjutnya adalah menjalankan perintah powershell dengan mengetik powershell pada promt.






10. Langkah selanjutnya adalah image berbasis GUI, dengan cara mengetik Install-WindowsFeature Server-Gui-Mgmt-Infra, Server-Gui-Shell -Restart-Source C:\mountdir\windows\winsxs.





11. Setelah mengklik enter akan muncul tampilan instalasi ke Server Gui, untuk mencapai 100% proses membutuhkan waktu yang sukup lama. Memakan waktu sekitar 5 sampa 15 menit, kemudian server akan merestart dengan secara otomatis.






12. Saat server merestart semua feature akan di tambahkan secara otomatis. Tunggu sampai dengan selesai jangan sampai server dimatikan. 








13. Setelah server selesai, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu kemudian tekan CTLR + DEL yang ada di sebelah kanan pada keyboard.






14. Kemudian log in sebagai administrator dan isikan pasword yang kalian buat dari awal menginstall windows server 2012.






15. Selamat datang di tampilan Windows server 2012 berbasis Gui , dan siap untuk di gunakan. 








Sekian untuk cara menginstall Server Core GUI.
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar